latar belakang | BACKGROUND

Logo Indonesia Berkebun with its Networks 20130926 (640 x 640)

INDONESIA BERKEBUN

~ sebuah perjalanan ~

Keluarga Indonesia Berkebun – @IDberkebun, sebuah gerakan dan kegiatan sosial komunitas yang memanfaatkan lahan non-produktif di perkotaan dengan cara menanaminya dengan tanaman yang bermanfaat dan menjadikannya sebagai kebun yang produktif, telah melalui beberapa perjalanan yang diisi oleh kegiatan-kegiatan yang positif, saling berbagi ilmu dan menularkan semangat-semangat untuk lebih peduli kepada alam dan lingkungan. Semangat yang berawal dari media sosial Twitter ini kemudian disambut oleh para netizen yang mempunyai kepedulian akan kota yang lebih sehat, lebih hijau dan lebih membawa manfaat. Semangat ini pun akhirnya tersebar ke kota-kota lain.

Sejarah Indonesia Berkebun

Lahirnya aksi sosial komunitas ini berawal dari sekitar bulan Oktober 2010 melalui akun twitter salah seorang arsitek yang sekarang menjabat Walikota Bandung, Ridwan Kamil – @ridwankamil, dan dibantu inisiasinya oleh penggiat-penggiat yang masih aktif hingga sekarang, seperti Sigit Kusumawijaya – @SIG_architect (arsitek), Achmad Marendes  – @achmad_marendes (wiraswasta), Shafiq Pontoh – @shafiqpontoh (ahli media sosial) dan co-initiator lainnya. Semangat positif ini akhirnya tumbuh membesar secara organik yang dimulai dari Jakarta dengan nama Jakarta Berkebun – @JktBerkebun dan sekarang telah menyebar ke beberapa kota dan kampus di penjuru Indonesia.

Pada tanggal 20 Februari 2011, teman-teman dari Jakarta yang tergabung dalam Komunitas @JktBerkebun, melakukan penanaman perdana secara bersama dengan menggunakan benih kangkung di sebuah lahan di Springhill yang juga merupakan aksi pertama dan juga ditetapkan sebagai tanggal lahir Indonesia Berkebun – @IDberkebun yang berhasil diwujudkan dengan memanfaatkan ruang terbuka hijau sebagai lokasi berkebun hasil kerjasama dengan Springhill Group dan The Green Court. Pada penanaman perdana “Jakarta Bekebun @ Springhill” tersebut dihadiri oleh lebih dari 150 orang dari berbagai latar belakang dan profesi, mulai dari: Board of Director Springhill, para relawan dan penggiat aktif media sosial, mahasiswa, media, karyawan hingga anak-anak sekolah.

Aksi dari penggiat-penggiat @JktBerkebun tersebut kemudian diikuti oleh penggiat-penggiat dari kota lain yang tergerak dan ingin melakukan aksi serupa di kotanya masing-masing. Kota-kota lain dengan cara dan media komunikasinya masing-masing juga kemudian mulai menanam atau setidaknya melakukan sosialisasi aksi lingkungan ini. Tanggal 26 Maret 2011, tim Bogor Berkebun – @BgrBerkebun dibantu oleh tim @JktBerkebun mulai menanam di kebun mereka di Cijeruk. Dengan lahan pribadi yang dimanfaatkan untuk kegiatan ini. Tanaman yang ditanam pun lebih beragam karena media dan lokasi tanam memungkinkan untuk ditanam berbagai macam tanaman seperti: padi, singkong, kangkung dan bayam. Kemudian dilanjutkan tanggal 2 April, teman-teman di kota Semarang – @SmgBerkebun mulai menanam perdana di sebuah lahan yang tidak terlalu besar di daerah Pekunden. Dengan semangat, mereka mulai menanam kangkung di kebun kecil tersebut. Kota Bandung juga tidak mau kalah, teman-teman disana telah melakukan Tanam Perdana @BdgBerkebun di pertengahan bulan Mei 2011. Begitu pula dengan teman-teman di kota lain yang juga aktif menggerakkan warganya untuk menularkan semangat di kotanya masing-masing.

@JktBerkebun kemudian melakukan panen raya pertamanya pada hari Minggu tanggal 10 April 2011 di Springhill Golf Residences, Kemayoran. Tanaman yang siap untuk dipanen adalah kangkung yang ditanam secara organik. Panen raya Jakarta Berkebun di Springhill ini adalah buah dari hasil kerjasama dengan Springhill Group melalui tukang-tukang kebun yang selalu aktif merawat kebun disaat penggiat-penggiat @JktBerkebun bekerja sehari-hari dan juga para sukarelawan yang selalu aktif merawat kebun setiap akhir pekan, khususnya hari Minggu sore. Hasil panen raya tersebut sangat berlimpah dan dibagi kepada warga yang ikut dalam panen tersebut dan juga warga yang tinggal di sekitar kebun @JktBerkebun di Springhill, Kemayoran. Selain kegiatan memanen, para penggiat Indonesia Berkebun mengkreasikan acara-acara menarik untuk membuat suasana menjadi lebih menyenangkan seperti memasak hasil panen di tempat, musik, quiz dan lain-lain.

Indonesia Berkebun – @IDberkebun saat ini telah mempunyai jejaring-jejaring (networks) di beberapa kota dan kampus di seluruh penjuru Indonesia. Berkat semangat dari para (yang kami sebut dengan) “sahabat/penggiat berkebun” untuk berbagi, mereka menjadi buzzers dan influencers, baik di media sosial Twitter, Facebook maupun media sosial lainnya. Sehingga dalam kurun waktu sekitar 3 tahun hingga saat ini kegiatan Indonesia Berkebun – @IDberkebun ini telah menyebar di 30 kota dan 8 kampus di seluruh Indonesia.

Akademi Berkebun sebagai wadah edukasi Indonesia Berkebun

Dalam mewujudkan konsep edukasi terhadap warga, Indonesia Berkebun – @IDberkebun dipelopori oleh penggiat dari Banten Berkebun – @BntBerkebun, ibu Ida Amal – @Ida_Amal, juga mengembangkan kelas pelatihan yang dinamakan @akademiberkebun, –yang awalnya adalah hasil kolaborasi dengan komunitas Akademi Berbagi – @akademiberbagi —  untuk belajar berkebun, cara menanam, merawat, dan memanen hasil kebunnya, serta ilmu-ilmu dasar untuk berbisnis agrikultur. Indonesia Berkebun berharap kegiatan @akademiberkebun ini bisa dilakukan di seluruh jejaring Indonesia Berkebun. Beberapa jejaring yang sudah melakukan @akademiberkebun, yaitu untuk wilayah Jabodetabek ada di daerah Bumi Serpong Damai yang rutin dilakukan setiap 2 bulan sekali; juga Bandung Berkebun – @BdgBerkebun dan Makassar Berkebun  – @MksrBerkebun yang juga mempunyai kegiatan @akademiberkebun. Akademi Berkebun ini telah sukses melaksanakan beberapa kali kegiatan dan melahirkan beberapa sesi/angkatan yang sering menghadirkan public figure seperti Menteri BUMN RI, Dahlan Iskan, Menteri Pertanian RI, Dr. Ir. Suswono, MMA dan lain-lain untuk memberikan motivasi dan juga penyuluhan tentang berkebun di daerah perkotaan di Indonesia.

Besar harapan dari penggiat-penggiat Indonesia Berkebun – @IDberkebun supaya kegiatan ini bisa menularkan semangat kepada teman-teman dan warga lainnya untuk lebih peduli terhadap lingkungan khususnya perkotaan supaya dapat menjadi kota yang hijau, bersih, sehat nyaman dan mempunyai nilai dan kualitas yang tinggi untuk ditinggali di masa depan untuk generasi penerus dan anak cucu kita.

MARKIBUN! Mari Kita Berkebun!

INDONESIA BERKEBUN – @IDberkebun

Leave a Reply