Liputan Chic-ID.com: “Jogja Berkebun (@JgjBerkebun): Hijau Berhati Nyaman”

Ada banyak pilihan hobi yang bisa kita lakukan agar stress hilang. Kalau pengen hobi yang bermanfaat baik rohani maupun jasmani, bisa dilakukan di rumah, pilih berkebun saja. Dengan adanya kebun, suasana rumah kita lebih asri dan membawa suasana menenangkan, sejuk, dan juga bisa menyeimbangkan emosi. Menyamankan hati kan tentunya melihat hehijauan, baik di dalam maupun luar rumah.

Menanam tanaman tidak harus punya lahan lho, bahkan tembok dan pagar, dengan sedikit kreatifitas bisa kita jadikan kebun. Mau pilih kebun bunga, tanaman rempah dan obat, ataupun sayuran itu terserah anda. Sebagai pekebun pemula, ada baiknya kalau menanam sayuran. Disamping menghijaukan rumah, sayuran punya nilai ekonomis.

menanam sayur di rumah media botol plastik

foto oleh http://griyadayandra.wordpress.com/2012/10/29/menanam-sayuran-vertikultur-di-botol-bekas/

Tidak tahu cara dan teknik berkebun? Gabung aja di komunitas Indonesia berkebun. Kalau anda berdomisili di Jogja, bisa gabung dengan komunitas Jogja Berkebun. Jogja Berkebun ialah komunitas berkebun jaringan dari Indonesia Berkebun. Berdomisili di kota lain? Tenang, jaringan Indonesia berkebun sudah ada komunitasnya di hampir seluruh kota-kota utama di Indonesia. Dengan bergabung di komunitas seperti Jogja Berkebun, kita akan sama-sama belajar dan praktek berkebun. Tidak ada yang ahli, semua saling berguru dan berbagi pengalaman. Sering kali, ada pembagian bbibit gratis juga. Dalam waktu dekat ini, akan ada pembagian bibit bawang tuktuk, dilombakan juga, pemenangnya bakal dapat hadiah!

jogja berkebun menilik kebun mint milik taabah

Khusus untuk komunitas Jogja Berkebun, kemarin tanggal 9 Maret 2013, Jogja Berkebun mengadakan kopdar, melihat calon lahan sebagai tempat praktek bersama. Lahannya di dalam komunitas TAABAH. Lokasinya di Balerejo, Mujamuju, Umbulharjo, atau tepatnya di belakang perumahan APMD, pinggir sungai Gajah Wong. Agenda terdekat ialah menyiapkan lahan (membuat pagar, member pupuk, menyiangi rumput, dll) untuk ditanami sawi. Mau ikutan? Langsung aja meluncur ke pinggir sungai Gajah Wong belakang perumahan APMD tanggal 16 Maret 2013 pukul 15:00.

Adakah syarat bergabung di Jogja Berkebun? Sebenarnya tidak ada, tapi yang namanya berkebun kan butuh peralatan berkebun. Nah, peralatanseperti cangkul, sabit, kais tangan, bawa sendiri-sendiri ya. Info lebih lanjut tentang Indonesia Berkebun dan Jogja berkebun, silahkan ikuti di link-link di bawah ini:

1. Twitter Jogja Berkebun: https://twitter.com/JgjBerkebun

2. Twitter Indonesia Berkebun: https://twitter.com/IDberkebun

3. Komunitas TAABAH: http://www.taabah.com/

sekolah gajahwong dalam area komunitas taabah
jogja berkebun di kebun cabai komunitas taabah
calon lahan praktek Jogja berkebun Indonesia berkebun
Jogja berkebun menikmati teh daun mint taabah

 

Sumber Tautan: http://chic-id.com/jogja-urban-farming-community/

Leave a Reply