Liputan Kampung Semanak: “Aksi Merti Kampung Komunitas Jogja Berkebun (@JgjBerkebun)”

Sabtu pagi (2/6/2013) bertempat di RT 43 RW 10 Dalem Kotagede Yogyakarta, Komunitas Jogja berkebun dengan dukungan Telkomsel menyelenggarakan kegiatan Merti kampung.

Jogja Berkebun adalah komunitas yang terdiri dari berbagai macam latar belakang, mulai dari profesional, wiraswasta, mahasiswa/pelajar, hingga ibu rumah tangga. Bergabung untuk meraih tujuan bersama yakni mengatasi permasalahan lingkungan, yang terancam karena pembuangan sampah dan limbah, menurunnya kualitas kota baik secara estetika maupun kurangnya ruang hijau dan ruang publik, serta adanya ancaman krisis sumber makanan di masa depan.

Jogja berkebun dimulai tahun 2011, satu rangkaian kegiatan dengan Indonesia berkebun yang dirintis sejak 2010,” demikian Maria Ulfah koordinator kegiatan Merti Kampung dari Komunitas Jogja Berkebun. “Konsep kegiatan kami urban farming, yakni mengubah lahan tak produktif menjadi produktif, dijalankan dalam suasana yang fun dalam prinsip 3E, Edukasi, Ekologi, dan Ekonomi,” demikian perempuan enerjik, dokter sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran UMY ini menambahkan.

Dalam kegiatan Merti Kampung ini, bersama masyarakat RT 43 RW 10 Kotagede Yogyakarta, Komunitas Jogja Berkebun akan melaksanakan pelbagai kegiatan di tiga titik utama wilayah kampung. Kegiatan itu meliputi pembersihan lahan kosong, pemagaran, penanaman dengan tanaman produktif dengan konsep organik, juga peningkatan estetika dengan pengecatan beberapa dinding kosong.

“Dengan kegiatan CSR ini diharapkan masyarakat Yogyakarta lebih peduli pada masalah lingkungan sekitar, menciptakan kampung yang ramah serta memiliki vitalitas di bidang pangan dan kesehatan. Sehingga masyarakat mendapatkan lingkungan kampung yang asri, hijau, serta belajar bercocok tanam dan memelihara lingkungan,” demikian Gatot Priyo Utomo, Head of Branch Yogyakarta Department PT. Telkomsel menyampaikan.

___________________________________________

Jogja Berkebun adalah bagian dari jejaring Indonesia Berkebun, sebuah komunitas yang bergerak melalui media jejaring sosial (baik itu twitter, facebook, dll) yang bertujuan untuk menyebarkan semangat positif untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming, yaitu memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan yang diubah menjadi lahan pertanian/perkebunan produktif yang dilakukan oleh peran masyarakat sekitar.

Dengan semangat ini sekarang Indonesia Berkebun sudah berkembang dan menularkan semangat ini di lebih dari 27 kota dan 3 kampus di Indonesia (kota-kota yang bergabung di dalam jejaring Indonesia Berkebun) dengan visi dan tujuan yang sama, termasuk Jogja Berkebun di dalamnya. Dengan semangat positif ini, Indonesia Berkebun dan jejaringnya dianugrahkan penghargaan oleh Google Asia Pacific untuk kategori Web-Heroes pada tahun 2011 dan apresiasi-apresiasi lainnya baik dari media nasional hingga internasional juga instansi-insransi lainnya.

Nama: Jogja Berkebun
Propinsi: DI Yogyakarta
Alamat Sekretariat: Jl. Wirajaya no. 317, Condong Catur, Depok, Sleman, DI. Yogyakarta 55283
Twitter: http://twitter.com/JgjBerkebun
Facebook: http://www.facebook.com/pages/Jogja-Berkebun/320781338043654

 

Sumber Tautan: http://kampungsemanak.blogspot.com/2013/06/aksi-merti-kampung-komunitas-jogja.html

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: