Liputan Radar Jogja: “Wujud Nyata Kepedulian Terhadap Lingkungan” @JgjBerkebun bersama Komunitas-Komunitas di Jogja

Wujud Nyata Kepedulian Terhadap Lingkungan

Yogyakarta – Komunitas Young On Top Yogyakarta kembali mengadakan kegiatan peduli lingkungan bertemakan “YOT Mangrove Planting Project” di Delta Baros, Samas, Bantul, Yogyakarta, dalam rangka memperingati Hari Satu Juta Pohon pada Minggu (19/1). Komunitas yang memiliki tagline “learn and share” ini mengajak masyarakat untuk melakukan aksi penanaman bibit pohon bakau dan berbagi pengetahuan tentang pentingnya peran pohon bakau bagi daerah pesisir pantai. Selain mengajak warga di sekitar, YOT Mangrove Planting Project ini juga melibatkan ratusan anak muda Yogyakarta yang tergabung dalam berbagai komunitas, untuk ikut terjun menanam pohon bakau bersama warga masyarakat. Komunitas-komunitas anak muda yang berpartisipasi diantaranya LMen Yogyakarta, HiLo Yogyakarta, Code Pintar Yogyakarta, Kopi Liar Indonesia, Jogja Berkebun, Kaki Gunung Merapi (KAGEM), Forum Masyarakat Mahasiswa Peduli Lingkungan (FM2PL), Mahasiswa Pecinta Alam UPN “Veteran” Yogyakarta, Green Technology Yogyakarta, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNY, KEMANGTEER, Gerakan Fajar Nusantara (GAFATAR) Yogyakarta, Mangrove Instiper Club (MIC) Instiper Yogyakarta, Accounting Study Club (ASC) Yogyakarta, Pramuka SMP di Bantul dan Fruit Talk Yogyakarta. Lebih dari 100 peserta mengikuti kegiatan peduli lingkungan ini.

Aksi YOT Mangrove Planting Project ini merupakan kampanye Green Habit yang diinisiasi oleh Divisi Green, Young On Top Yogyakarta, bekerjasama dengan masyarakat pengelola konservasi bakau di Delta Baros, Pantai Samas, Bantul. Aksi penanaman ini diharapkan dapat memberikan kontribusi secara nyata kepada masyarakat setempat. Selanjutnya bibit bakau yang telah ditanam akan dirawat dan dipantau pertumbuhannya oleh masyarakat. Sehingga diharapkan, daerah Delta Baros, pantai Samas, Bantul, Yogyakarta dapat mencegah dampak abrasi dari gelombang air laut pantai selatan. Setelah melakukan penanaman, YOT Yogyakarta juga mengajak para relawan untuk memungut sampah yang ada di pesisir pantai Delta Baros, Samas, Bantul.

“Kegiatan yang digagas oleh Young On Top Yogyakarta ini memiliki banyak manfaat, manfaat untuk lingkungan pantai, manfaat untuk masyarakat sekitar pesisir pantai dan manfaat untuk anak-anak muda yang diajak turut serta oleh YOT Yogyakarta. Saya sangat senang dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang sangat positif ini,” ungkap Feri Permadi, salah satu peserta.

 

Sumber Tautan: http://www.radarjogja.co.id/wujud-nyata-kepedulian-terhadap-lingkungan/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: