cara merintis jejaring baru | HOW TO START A NEW NETWORK

Slide21

Indonesia Berkebun membuka kesempatan kepada siapapun untuk merintis gerakan yang sevisi dan bergabung dengan keluarga Indonesia Berkebun untuk diakui menjadi jejaring resmi. Bagi yang ingin merintis gerakan di kota atau kampusnya dan menjadi bagian jejaring kota Indonesia Berkebun seperti yang lainnya, diharapkan mempunyai visi dan misi yang sama dengan kota-kota dan kampus-kampus jejaring Indonesia Berkebun lainnya. Indonesia Berkebun akan membantu memandu untuk merintis gerakan dan kelangsungan komunitasnya.

Bagi yang ingin merintis gerakan yang sevisi dan bergabung dengan keluarga Indonesia Berkebun untuk diakui menjadi jejaring resmi bisa menghubungi Public Relation Indonesia Berkebun yang ada di bagian “kontak“, atau email ke: IDberkebun@gmail.com. untuk menjelaskan motivasinya merintis gerakan tersebut.

Setelah mengirimkan email, Public Relation Indonesia Berkebun akan mengirimkan balasan tentang Konsep dan Visi Misi Indonesia Berkebun dan juga panduan untuk merintis jejaring baru dan ketentuan untuk diakui menjadi jejaring resmi Indonesia Berkebun. Panduan dan ketentuan tersebut juga terdapat di bagian bawah halaman ini.

Konsep dan Visi Misi Indonesia Berkebun tersebut dapat diterapkan dimana-mana dan bisa dipergunakan untuk keperluan dan kepentingan dalam tahap perintisan, misalnya untuk dipresentasikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, seperti: calon penggiat, calon sponsor/donatur, instansi-instansi pemerintah daerah setempat, ataupun pihak kampus guna mendukung perintisan jejaring kota/kampus tersebut.

Ketentuan-ketentuan Bergabung Menjadi Bagian Jejaring Indonesia Berkebun

Berikut adalah panduan dan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati oleh seluruh jejaring Indonesia Berkebun untuk bergabung menjadi bagian dari jejaring Indonesia Berkebun dan harus diikuti dan dipenuhi, yaitu:

  1. Minimal perintis yang kemudian akan menjadi penggiat jejaring baru, mencapai 5 orang.
  2. Sudah membaca dan memahami Konsep dan Visi Misi Indonesia Berkebun.
  3. Sudah mendapatkan lahan yang akan dimanfaatkan oleh teman-teman jejaring komunitas dan warganya di daerah perkotaan (bukan area pedesaan) atau kampusnya yang sudah siap untuk diproduktifkan (sudah disiapkan untuk ditanam). Luas lahan adalah bebas.
  4. Sudah membuat akun media sosial untuk sosialisasi dan komunikasi jejaring komunitas dan warga kota/kampusnya. Biasanya akun Twitter dan juga Facebook Page/Group. Untuk avatar/logo profil akun Twitter dan Facebook Page/Group-nya, untuk sementara dalam tahap perintisan, dimohon untuk menggunakan logo Indonesia Berkebun dengan jejaring-jejaringnya yang melingkarinya. (Link: http://indonesiaberkebun.org/wp-content/uploads/Logo-Indonesia-Berkebun-with-its-Networks-20130926-640-x-640-300×300.jpg). Dimohon untuk tidak membuat logo jejaring komunitasnya sendiri.
  5. Jika poin-poin di atas sudah dipenuhi, siap untuk melaksanakan kegiatan #TanamPerdana dan diikuti #PanenPerdana setelahnya dengan mengajak seluruh warga kota/kampus-nya (tidak hanya penggiat jejaring komunitasnya saja), sebaiknya juga mengajak pihak-pihak yang berkepentingan seperti pemerintah/pihak kampus setempat, atau bisa juga kerja sama dengan pihak swasta/donatur dan juga mengundang media lokal setempat
  6. Bukti-bukti kegiatan #TanamPerdana dan #PanenPerdana dengan seluruh warga disosialisasikan melalu media sosial (Twitter) dan dimention ke akun twitter @IDberkebun beserta foto-fotonya ketika kegiatan. 
  7. Yang lebih diharapkan adalah kesungguhan dan komitmen dari seluruh penggiat di kota/kampus masing-masing untuk membuat dan melakukan kegiatan komunitas di kotanya secara berkelanjutan (lestari), tidak hanya membuat satu atau dua kegiatan kemudian tidak berlanjut.
  8. Jika telah memahami dan siap untuk melaksanakan kegiatan #TanamPerdana, perwakilan atau contact person dari jejaring komunitasnya bisa menghubungi Indonesia Berkebun kembali untuk komunikasi yang lebih intensif melalui Public Relation Indonesia Berkebun yang ada di bagian “kontak“.
  9. Setelah diakui menjadi bagian dari jejaring Indonesia Berkebun (telah memenuhi ketentuan-ketentuan di atas), Indonesia Berkebun akan membantu membuatkan logo jejaringnya oleh pencipta logo Indonesia Berkebun dan jejaring-jejaringnya, yaitu kak Kenny Gunawan, agar seragam dengan jejaring-jejaring kota-kota dan kampus-kampus lain baik dari sisi jenis huruf dan grafis lainnya. Untuk warna pot-nya disesuaikan dengan warna karakter kota/kampusnya yang sebelumnya akan didiskusikan bersama. Jadi dimohon tidak membuat logo sendiri. Karena mengubah (mengedit) logo Indonesia Berkebun tanpa seijin Indonesia Berkebun dan pencipta logonya dapat dianggap sebagai pelanggaran etika branding.  

Demikian panduan dan ketentuan ini kami buat atas dasar kesepakatan antara penggiat-penggiat di seluruh jejaring Indonesia Berkebun.

Leave a Reply